Apa itu komputer?
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data
menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula
dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan
elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama
antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu
informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen
komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan
Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan
tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor
belum dalam bentuk print out (kertas).
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi."
Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya
komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam
sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.
Sejarah Perkembangan Komputer
-1939-
Hewlett-Packard Didirikan. David Packard dan
Bill Hewlett menemukan Hewlett-Packard di Palo Alto, California garasi.
Produksi pertama mereka adalah HP 200A Audio Osilator, yang dengan cepat
menjadi populer sepotong alat uji untuk insinyur. Walt Disney Pictures
memerintahkan delapan dari model 200B untuk digunakan sebagai generator efek
suara untuk film 1940 "Fantasia."
-1940-
Complex Number Calculator (CNC) selesai. Pada
tahun 1939, Bell Telephone Laboratories selesai kalkulator ini, dirancang
oleh peneliti George Stibitz. Pada tahun 1940, Stibitz menunjukkan CNC pada
konferensi American Society matematika diadakan di Dartmouth College.
Stibitz tertegun kelompok dengan melakukan perhitungan jarak jauh di CNC
(terletak di New York City) menggunakan Teletype terhubung melalui saluran
telepon khusus. Hal ini dianggap sebagai demonstrasi pertama dari komputasi
akses remote.
-1941-
Konrad Zuse menyelesaikan komputer Z3. Z3
merupakan komputer awal dibangun oleh insinyur Jerman Konrad Zuse yang
bekerja di isolasi lengkap dari perkembangan di tempat lain. Menggunakan
2.300 relay, yang digunakan Z3 aritmetika titik mengambang biner dan
memiliki panjang kata 22-bit. Z3 asli hancur dalam serangan pemboman Berlin
pada akhir tahun 1943. Namun, Zuse kemudian diawasi rekonstruksi dari Z3
tahun 1960 yang saat ini dipamerkan di Museum Deutsches di Munich.
-1941-
Bombe pertama selesai. Berdasarkan sebagian
pada desain dari Polandia "Bomba," alat mekanis decrypting komunikasi
militer Nazi selama Perang Dunia II, desain Bombe Inggris sangat dipengaruhi
oleh karya pelopor komputer Alan Turing dan lain-lain. Banyak Bombes
dibangun. Bersama-sama mereka secara dramatis meningkatkan kecerdasan
pengumpulan dan pengolahan kemampuan pasukan Sekutu.
-1942-
Komputer Atanasoff-Berry (ABC) selesai. Setelah
berhasil menunjukkan prototipe bukti-konsep pada tahun 1939, Atanasoff
menerima dana untuk membangun mesin skala penuh. Dibangun di Iowa State
College (sekarang Universitas), ABC dirancang dan dibangun oleh Profesor
John Vincent Atanasoff dan mahasiswa pascasarjana Cliff Berry antara 1939
dan 1942. ABC berada di tengah-tengah sengketa paten berkaitan dengan
penemuan komputer, yang diselesaikan pada tahun 1973 ketika ditunjukkan
bahwa ENIAC rekan desainer John Mauchly telah datang untuk memeriksa ABC tak
lama setelah menjadi fungsional.
-1943-
Proyek Whirlwind dimulai. Selama Perang Dunia
II, Angkatan Laut AS mendekati Institut Teknologi Massachusetts (MIT)
tentang membangun simulator penerbangan untuk melatih awak bomber. Tim
pertama membangun sebuah komputer analog besar, tapi ternyata tidak akurat
dan tidak fleksibel. Setelah desainer melihat demonstrasi dari komputer
ENIAC, mereka memutuskan untuk membangun sebuah komputer digital. Pada saat
Whirlwind itu selesai pada tahun 1951, Angkatan Laut telah kehilangan minat
dalam proyek, meskipun Angkatan Udara AS pada akhirnya akan mendukung proyek
yang akan mempengaruhi desain program SAGE.
-1944-
Harvard Mark-1 selesai. Dirancang oleh seorang
profesor Harvard Howard Aiken, dan dirancang dan dibangun oleh IBM, Harvard
Mark-1 adalah kalkulator seukuran kamar, berbasis relay. Mesin memiliki
camshaft lima puluh kaki panjang yang disinkronkan ribuan mesin dari bagian
komponen. Mark-1 digunakan untuk menghasilkan tabel matematika tapi segera
digantikan oleh komputer program tersimpan.
-1945-
Konrad Zuse mulai bekerja pada Plankalkul
(Rencana Kalkulus), bahasa pemrograman pertama algoritmik, dengan tujuan
menciptakan prasyarat teoritis untuk perumusan masalah yang bersifat umum.
Tujuh tahun sebelumnya, Zuse telah mengembangkan dan membangun biner pertama
di dunia komputer digital, Z1. Dia menyelesaikan berfungsi penuh
pertama-program dikendalikan komputer digital elektromekanik, Z3, pada tahun
1941. Hanya Z4 - yang paling canggih dari kreasinya - selamat Perang Dunia
II.
-1947-
Pelopor komputer Presper Eckert dan John
Mauchly mendirikan Eckert-Mauchly Computer Corp untuk membangun mesin
berdasarkan pengalaman mereka dengan ENIAC dan EDVAC. Mesin hanya perusahaan
membangun adalah BINAC. Sebelum menyelesaikan UNIVAC, perusahaan ini menjadi
sebuah divisi dari Remington Rand.
-1948-
IBM´s Selective Sequence Electronic Calculator
menghitung data ilmiah di layar publik Manhattan dekat markas perusahaan.
Sebelum dekomisioning pada 1952, SSEC diproduksi bulan-posisi tabel yang
digunakan untuk merencanakan perjalanan penerbangan Apollo tahun 1969 sampai
bulan.
Dampak Positif dan Negatif Komputer
Dampak Positif
1. Supporting the process of globalization
Mendukung proses globalisasi, yaitu tidak hanya membuat dunia tanpa batas dan belahan dunia yang satu seolah dekat dengan belahan dunia yang lainnya sehingga orang-orang didalamnya dapat saling menyampaikan gagasan atau memperoleh informasi dengan mudah, cepat, dan terasa dekat satu sama lain. Meskipun pada kenyataannya mereka dipisahkan oleh jarak dan waktu.
2. Easing the process of communication ( Memudahkan proses komunikasi )
Dengan adanya teknologi internet maka komuikasi antara seseorang dengan orang lain dapat berlangsung dengan lebih murah, cepat, dan efisien.
3. Saving cost ( menghemat biaya )
Membantu komputerisasi proses-proses bisnis, sehingga beberapa proses yang biasa dilakukan secara manual dapat dikurangi dan pada akhirnya dapat menghemat proses biaya tersebut, conton ATM, Pembayaran listrik dan lain-lain.
4. Bridging or overcoming the cultural gap ( menjembatani atau mengatasi perbedaan budaya )
Menjadi jembatan bagi masyarakat yang mempunyai perbedaan budaya untuk dapat saling berkomunikasi dan memungkinkan terjadinya pertukaran pandangan atau gagasan; peningkatan kesadaran untuk hidup rukun, serta mengurangi prasangka buruk yang mungkin timbul sebagai akibat dari perbedaan buadaya dan cara pandang.
5. Providing more time and opportunities ( menyediakan lebih banyak waktu dan kesempatan )
6. Providing new job ( menyediakan lahan atau bidang pekerjaan yang baru )
Dampak Negatif
Psiklogi
1. Anti Sosial
Sikap dan perilaku anti sosial terbentuk dari terpaan isi program dari fitur yang diciptakan dari media ini komputer. Salah satu fitur yang banyak menghiasi isi software komputer adalah permainan. Baik anak-anak, remaja sampai orang dewasa menggunakan komputer untuk memainkan permainan kesukaan mereka masing-masing.
2. Computer Anxiety (kecemasan, ketakutan terhadap komputer)
Ketakutan terhadap komputer ini menerpa hampir sepertiga populasi pengguna dewasa komputer. Beberapa akibat dari kasus yang paling menakutkant yang dirasakan terhadap komputer adalah mual-mual, vertigo, dan keringat yang bercucuran. Penyebab ketakutan mereka ada banyak hal dan salah satunya karena ketakutan mereka akan mendapatkan bencana dengan menekan kunci yang salah.
Kesehatan
1. Radiasi Monitor
Mata adalah organ tubuh yang paling mudah mengalami penyakit akibat kerja, karena terlalu sering memfokuskan bola mata ke layar monitor.
2. Terganggunya Syaraf
Printer yang menggunakan sistim buble jet kebisingannya relatif lebih rendah bila dibandingkan dengan printer sistim dot matrix. Saat ini printer yang paling rendah kebisingannya adalah sistim laser printer. Kebisingan yang tinggi dapat mempengaruhi syaraf manusia dan hal ini dapat berakibat pada kelelahan maupun rasa nyeri.
3. Repetitive Strain Injury (RSI)
RSI merupakan sebuah terminologi yang mengacu pada beberapa variasi keluhan kerangka otot (musculoskeletal). Ini menyangkut keluhan yang dikenal dengan sakit urat otot. RSI meliputi gangguan lengan atas berkaitan dengan kerja (Work-Related Upper Limb Disorders) dan luka penggunaan berlebihan yang berhubungan dengan kerja (Occupational Overuse Injuries).
Saturday, September 29, 2012
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment